Merasa Tidak Nyaman Karena Stres? Berikut Cara Mengatasinya!

Bagikan

Setiap orang punya masalah, baik itu masalah dalam pekerjaan, keluarga, pertemanan maupun percintaan. Ada orang yang bisa mengatasi masalah tersebut, namun ada juga yang sebaliknya sehingga mengalami stres. Stres merupakan bagian alami dan penting dalam kehidupan, namun apabila stres tersebut tergolong berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita. Setiap orang bereaksi terhadap stres dengan cara yang berbeda-beda.

Apakah Anda termasuk kategori orang yang kedua? Jika ya, Anda perlu menghilangkan stres tersebut sesegera mungkin agar dapat menjalani hidup dengan baik. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna dan dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan jiwa kita dalam mengatasi rasa tidak nyaman karena stres

1. Meningkatkan Ibadah

Image source : Google Images

Melaksanakan ibadah dan berdoa secara rutin dapat memenuhi kebutuhan rohani kita, yang merupakan komponen vital dalam kesejahteraan jiwa. Mengabaikan kebutuhan spiritual membuat jiwa kita gelisah dan tidak tenang. Berdoa merupakan sarana yang efektif dalam mencegah dan memerangi masalah-masalah kesehatan mental.

2. Menjaga Kesehatan dengan Olahraga Teratur

Image source : Google Images

Olahraga ternyata mampu meredakan emosi negatif seperti stres pada diri seseorang. Hal ini dapat terjadi karena olahraga mampu melepaskan hormon yang bisa membuat seseorang merasa senang. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat dan lama, cukup 15 menit per hari atau sampai mengeluarkan keringat dengan melakukan olahraga yang menjadi favorit Anda atau olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda, senam yang benar-benar membuat tubuh menjadi lebih fresh.

3. Tidur yang Cukup

Image source : Google Images

Stres biasanya membuat Anda berpikir segala macam. Akibatnya otak anda menjadi lelah. Untuk itu, Anda butuh istirahat yang cukup (7-8 jam) setiap harinya. Istirahat terbaik adalah dengan tidur.

4. Hindari Makan Berlebihan

Image source : Google Images

Konsumsilah makanan yang sewajarnya. Sesuaikan porsi makan dengan aktivitas keseharian Anda. Karena segala sesuatu yang berlebihan akan menyebabkan penyakit.

5. Berpikir Postif

Image source : Google Images

Berpikir postif merupakan cara yang dapat mengurangi stres sebab dengan melakukan hal ini, maka seseorang bisa menerima beban yang diberikan karena memiliki sudut pandang yang baik terhadap beban itu. Sudut pandang yang dimaksud adalah pemikiran yang menyadari bahwa beban yang dialami merupakan ujian yang diberikan oeh Sang Pencipta dan dengan begitu, maka seseorang akan yakin bahwa dibalik kesulitan yang menimpa dirinya tersimpan hikmah yang luar biasa jika berhasil melewat tantangan hidup itu.

6. Tenangkan Pikiran dan Kembangkan Hobi

Image source : Google Images

Cara mengatasi stres dengan melakukan atau mengembangkan hobi yang dimiliki adalah cara yang paling mudah. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan.

7. Bicarakan Perasaan dan Keluhan dengan Seseorang yang Dapat Dipercaya

Image source : Google Images

Melakukan komunikasi atau berbicara hingga berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres. Selain itu, bercerita kepada teman atau orang yang dapat dipercaya memungkinkan seseorang untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup lebih rentang mengalami stres daripada orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai permasalahan dengan orang lain.

8. Kesehatan jiwa sama berharganya dengan kesehatan fisik, karena itu keduanya harus dijaga.

 INGAT!

  • Stres merupakan hal yang normal, kecuali jika berlebihan (disebut distress).
  • Lakukan yang terbaik yang anda bisa, dan coba untuk tidak membandingkan diri anda dengan orang lain.
  • Setiap orang adalah unik dan memiliki sesuatu yang istimewa untuk berbagi.
  • Kelilingi diri anda dengan orang-orang positif yang membuat anda merasa baik.
  • Hidup selalu berubah dan penuh pasang surut, stres hari ini mungkin besok akan berlalu. (ana)
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.