Dema FPK adakan Penggalangan Dana untuk Korban Bencana Sulawesi Tengah

Bagikan

alamtarapersma.com – Rumah-rumah runtuh, perkampungan hanya tersisa isak tangis, jalan raya retak dan hancur, kebutuhan sandang, pangan serta papan seketika lenyap ditelan gempa berkekuatan 7.4 Skala Richter (SR) dan tsunami dengan ketinggian 11.3 meter yang tempo waktu, Jumat, 28 September 2017, terjadi di Donggala, Palu, dan Mamuju, Sulawesi Tengah. Berjumlah 2.045 korban yang tercatat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Rabu, 10 Oktober 2018, banyak masyarakat yang kehilangan keluarga dan tempat tinggal. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari menjadi sulit, karena rusaknya berbagai akses jalan raya dan alat komunikasi di wilayah tersebut.

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), UIN Sunan Ampel Surabaya, yang dikomandoi Prasetyo Alif Suprawiro berkapasitas sebagai Koordinator Department Pengabdian Masyarakat bersama 10 mahasiswa Dema FPK lainnya, mengadakan penggalangan dana untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 5-6 Oktober 2018, berlokasi di Frontage Margorejo, Giant Maspion Square, Surabaya. “Tujuan penggalangan dana adalah untuk mengumpulkan bantuan yang nantinya dikirim ke korban bencana Palu, Donggala, dan Mamuju, Sulawesi Tengah,” tutur Prasetyo menjelaskan.

Dana penggalangan yang terkumpul Rp. 5.000.000,- yang berikutnya dibelanjakan untuk kebutuhan sandang dan pangan seperti beras, air mineral UINSA Fresh, susu cair, mie instan, minyak goreng, selimut, dan sebagian dalam bentuk uang tunai. Barang-barang tersebut kemudian dikumpulkan ke Balai Kota Surabaya pada Selasa, 09 Oktober 2018, yang akan disalurkan secara kolektif ke lokasi bencana Palu, Donggala, dan Mamuju, Sulawesi Tengah.

Uniknya, setiap pejalan kaki, pengendara, mahasiswa, atau orang lainnya yang ikut berkontribusi dalam penggalangan dana, mendapat stiker mungil berwarna merah dari Dema FPK yang betuliskan ’#JADIBAIK’, “Harapannya semoga bantuan yang disumbangkan bermanfaat untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Semoga orang-orang yang bantu menyumbang, menjadi orang yang baik, seperti tagline stiker yang kita berikan ketika penggalangan dana kemarin,” pungkas Prasetyo. (Rag)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *