15 Ide Bisnis Mahasiswa Dengan Potensi Penghasilan Tinggi

Bagikan

Halo-halo, kamu mahasiswa? Menjadi mahasiswa sangatlah menyenangkan gaees. Fleksibilitas jam kuliah membuat mahasiswa memiliki cukup banyak waktu luang. Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang kamu. Mulai dari mengikuti unit kegiatan mahasiswa, diskusi intelektual, hingga mencari ide bisnis untuk dijalaniSaat ini pun cukup banyak pilihan bisnis untuk mahasiswa. Berbagai pilihan bisnis ini tepat untuk mahasiswa karena tidak bersifat full time. Bahkan, beberapa bisnisnya pun dapat dijalankan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. nihh aku bagi-bagi idenya “15 Ide bisnis Dengan Potensi Penghasilan Tinggi”:

1. Fotografer dan Videografer Lepas.

Kebutuhan akan fotografer dan videografer terus meningkat setiap tahun. Banyaknya perusahaan-perusahaan kecil yang tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk pembuatan company profile, sehingga menciptakan peluang usaha untuk mahasiswa, nih gaes.

Selain company profile, dokumentasi acara dan pernikahan juga merupakan peluang bisnis untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan. Acara yang biasanya jatuh pada akhir pekan ini sangat bertepatan dengan waktu luang mahasiswa.

2. Les Privat

Bagi para mahasiswa ilmu pasti seperti matematika dan IPA dapat memberikan les privat kepada murid-murid SD, SMP, dan SMA berupa mata pelajaran hitung-menghitung tersebut gaess. Namun kamu jangan khawatir apabila tidak menguasai bidang hitng-hitungan tersebut gaess, mahasiswa ilmu sosial pun bisa mengadakan les privat. Contohnya les private bahasa asing.

Mengadakan les privat termasuk pilihan bisnis yang memungkinkan Anda memiliki penghasilan yang cukup besar untuk ukuran mahasiswa. Ini lah yang membuat les privat menjadi pilihan bisnis untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan. Setidaknya kamu bisa mengantongi di kisaran Rp 50 ribu – 300 ribu per anak. Semakin banyak anak kamu privati, maka semakin besar pula bayaran yang kamu dapatkan.

3. Pemandu Wisata

Mengisi waktu luang sambil menghasilkan uang adalah salah satu kenikmatan menjadi mahasiswa. Para mahasiswa yang sering travelling ke berbagai tempat wisata, tentunya memiliki pengetahuan tempat-tempat wisata yang menarik. Pengetahuan ini dapat dimanfaatkan sebagai sebuah peluang usaha untuk mahasiswa. Tawarkan jasamu di Airbnb, sehingga kamu berkesempatan untuk mendapatkan tamu dari mancanegara. Selain untuk melatih kemampuan bahasa asing, kamu juga bisa bertukar pengalaman dengan wisatawan yang kamu pandu.

4. Makeup Artist

Menjadi seorang makeup artist semakin maju dengan banyaknya produk kecantikan yang semakin beragam. Banyaknya acara-acara yang membutuhkan makeup artist juga menciptakan peluang bisnis untuk mahasiswa dan mahasiswi yang tertarik dengan dunia kecantikan. Mulai dari acara wisuda, pesta ulang tahun, lamaran, hingga pemotretan untuk portofolio. Asah terus kemampuan merias kamu gaess karena makeup artist profesional bisa mendapatkan Rp25 juta sampai Rp50 juta untuk satu pekerjaan saja.

5. Influencer

Instagram telah membuka kemungkinan baru bagi mahasiswa. Industri endorsement telah membuat Instagram bukan hanya menjadi media berbagi foto tetapi juga sebagai media periklanan nih gaess. Tentu ini menjadi peluang usaha untuk mahasiswa dan mahasiswi kreatif.

Sajikan konten-konten menarik di halaman Instagram Anda untuk meningkatkan jumlah followers. Berkolaborasilah dengan teman-teman fotografer Anda untuk bersama sama membangun portofolio  dan network.

6. Web Design

Web design merupakan pilihan bisnis yang tepat untuk mahasiswa karena sifatnya yang lebih fleksibel, gaess. Namun web design bukan hanya ladang bisnis untuk mahasiswa teknologi informasi saja karena keahlian ini dapat dipelajari oleh semua orang. Terbukti banyak web designer profesional yang tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi. Bayaran yang bisa Anda terima pun bervariasi tergantung kerumitan website yang diinginkan.

7. Penerjemah

Banyaknya buku, jurnal, hasil penelitian yang harus diterjemahkan dari dan ke bahasa asing menciptakan peluang bisnis untuk mahasiswa yang mencintai dunia literasi, gaess. Cukup tawarkan jasa kamu ke website freelancer, gaess. Namun kamu sebaiknya membangun portofolio terlebih dahulu. Mungkin bisa dimulai dari lingkungan pertemanan atau keluarga kamu yang sekiranya membutuhkan jasa penerjemah.

8. Pet Grooming

Masyarakat modern yang semakin sibuk dengan pekerjaannya membuat perhatian kepada hewan peliharaannya semakin berkurang. Kasus yang paling banyak ditemui adalah anjing peliharaan yang jarang diajak jalan-jalan dan grooming. Padahal dua hal ini adalah poin yang krusial untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan anjing.

Disinilah Anda sebagai mahasiswa bisa menggunakan waktu luang Anda untuk mengajak hewan peliharaannya jalan-jalan atau grooming di tempat. Tarifnya bisa mencapai Rp50.000 sampai Rp100.000 per jam untuk satu anjing. Pet grooming bukan hanya bisnis untuk mahasiswa kedokteran hewan saja, mahasiswa fakultas lain pun mampu menjalankannya asalkan memahami betul seluk beluk pemeliharaan hewan.

9. Desain Grafis

Industri kreatif adalah industri yang terus berkembang. Terbukti dengan banyaknya permintaan desain grafis yang datang dari berbagai kalangan nihh gaess. Mulai dari perusahaan kecil dan menengah yang ingin mempromosikan brand-nya, hingga event organizer yang membutuhkan desain grafis untuk campaign-nya. Semakin kamu memiliki portofolio desain dari berbagai klien, harga yang kamu tawarkan pun jadi semakin mahal.

10. Shoes Cleaning

Masyarakat modern kini mulai menggandrungi sneakers berharga tinggi. Sepatu berharga selangit ini turut pula menciptakan berbagai kesempatan bisnis untuk mahasiswa. Salah satunya adalah bisnis shoes cleaning. Anda bisa belajar di shoes cleaning yang lebih dulu sukses, atau bahkan di internet.

Bahan-bahan yang diperlukan pun semakin mudah untuk ditemukan karena sudah banyak peracik-peracik lokal yang mampu membuat cairan pembersih sebaik produk impor. Selain menyediakan jasa untuk mencuci sepatu, bahkan kamu juga bisa menjadi reseller dari produk-produk pembersih tersebut.

11. Jasa Perbaikan Smartphone

Internet telah membuka kesempatan bisnis untuk mahasiswa, so manfaatkan ya gaess. Mahasiswa kini bisa mempelajari berbagai skill yang dahulu sulit untuk mendapatkan pengajaran. Salah satunya adalah kemampuan untuk memperbaiki smartphone. Kebanyakan smartphone yang memiliki layar besar membuatnya rawan rusak ketika terjatuh. Selain itu, penggunaan secara terus menerus membuat baterainya puni semakin cepat rusak.

Beruntungnya untuk memperbaiki dua komponen ini sangatlah mudah. kamu hanya perlu mempelajarinya melalui YouTube untuk memahami teknik-teknik lengkapnya. Komponennya pun dijual bebas di pasar sekunder, jadi kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau, nih gaess.

12. Bisnis Toko Online

Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh bisnis toko online membuatnya menjadi pilihan tepat untuk mahasiswa memulai bisnis. Anda bisa memulai bisnis online yang menjual hal-hal yang sering dicari oleh masyarakat seperti makanan ringan, pakaian untuk ibu hamil dan menyusui, aksesoris gadget, kerudung, ataupun makeup import. Apabila modal kamu terbatas maka kamu juga bisa menjadi reseller atau dropshipper.

13. Event Organizer

Menjadi panitia acara-acara kampus merupakan salah satu ajang latihan kamu untuk menjadi seorang organizer profesional gaess. Mungkin kamu bisa mulai dari party planner untuk acara ulang tahun maupun anniversary. Dari situ kamu dapat membangun kemampuan untuk mengadakan acara kecil lainnya seperti konser musik kecil-kecilan. Terus bangun kemampuan kamu sampai akhirnya kamu berani untuk mengadakan acara berskala besar.

14. Bisnis Kuliner

Berapa banyak bisnis kuliner sukses yang berawal dari keisengan para mahasiswa? Pastinya tidak terhitung jumlahnya, ya gaess. Bisnis kuliner menjadi pilihan tepat untuk mahasiswa karena para mahasiswa ini memiliki insight mengenai makanan yang sedang tren ataupun peluang kuliner yang belum terjamah oleh pebisnis lain. Lihat saja kisah kesuksesan Waroeng SS yang didirikan oleh seorang mahasiswa teknik kimia itu. Ia berhasil menangkap peluang makanan pedas yang ada di Yogyakarta dan merambah hingga ke kota-kota lainnya.

15. Youtuber

Setelah kenyang belajar dari YouTube, mungkin kini saatnya kamu untuk menjadi seorang YouTuber, nih gaess. Cara untuk memulainya pun tidak terlalu sulit. Cukup sajikan konten yang sesuai dengan passion kamu. Dibayar karena menjalankan passion adalah impian semua orang.

kamu pun bisa menyajikan beberapa jenis konten dalam kanal YouTube kamu. kamu bisa membuat konten mengenai traveling, panduan kecantikan, vlogging, atau bahkan review produk. Bahkan, kamu juga bisa membuat konten informatif seperti bagaimana cara memulai bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa.

Dari 15 pilihan bisnis untuk mahasiswa di atas, dapat dilihat bahwa begitu banyak peluang bisnis yang bisa diambil oleh mahasiswa. Daripada mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat, sebaiknya mengasah kemampuan bisnis kamu gaess. Jadi bagi kamu yang ingin berlatih bisnis sejak dini, semoga pilihan bisnis di atas bisa menjadi pilihan kamu gaess.

Sudah dapat ide bisnisnya sekarang?

(Sumber: https://blog.mokapos.com)

(Oleh: Ahmad Iqbal Hazazie)

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *