10 KEUNTUNGAN KULIAH

Bagikan

Dengan kuliah, kamu mendatangkan opportyunity cost dalam hidupmu. Opportunity cost atau biaya peluang bisa dipahami sebagai uang yang sebenarnya bisa kamu raih apabila kamu bekerja, bukan malah kuliah. Pendek kata, bila kamu memilih bekerja daripada kuliah, maka kamu akan mendapatkan gaji atau upah, katakanlah 1,5 juta sebulan. Sebaliknya, bila kamu memilih kuliah daripada bekerja maka kamu tidak akan mendapatkan gaji 1,5 juta sebulan. Inilah yang dinamakan opportunity cost. Selain mendatangkan opportunity cost, kuliah juga menghabiskan banyak waktu, tenaga, pikiran, dan lain sebagainya. Kalau diibaratkan dengan pengorbanan, maka kuliah itu termasuk pengorbanan yang besar. Yakinlah, semua pengorbanan pasti akan berbalas, apalagi pengorbanan yang besar. Ada beberapa balasan atau keuntungan yang dirasakan dari kuliah. Berikut adalah 10 keuntungan dari kuliah:

  1. Lebih percaya diri

Kamu akan menjadi lebih percaya diri bila kamu sudah merasa mampu akan suatu hal atau merasa bekal hidupmu sudah tercukupi. Memilih kuliah sudah barang tentu menjadi modal tersendiri bagi dirimu ketimbang mereka yang tidak meilih kuliah.

  1. Menjadi pribadi yang mandiri

Selama menjalani masa studi di bangku perkuliahan, khususnya bagi kamu yang berasal dari luar kota, pastinya akan mengalami hidup terpisah dengan keluarga tercinta. Tinggal jauh dari orang tua secara tidak langsung akan memaksamu untuk hidup mandiri. Kamu harus belajar bagaimana cara mengatur keuangan secara cerdas agar cukup tiap bulannya, harus mencari dan memenuhi kebutuhan hidupmu sendiri. Bagi yang mengalami masalah keuangan, tentunya harus mencari nafkah sendiri untuk dijadikan tambahan finansial selama kuliah.  

  1. Memperluas pengetahuan

Mahasiswa dipandang sebagai kaum intelektual bagi masyarakat. Pandangan ini tidaklah keliru karena selama kuliah wawasan dan pengetahuanmu akan semakin luas. Hal ini dikarenakan akan banyak materi pelajaran yang bisa kamu peroleh dari dosen. Dalam dunia kampus, pengetahuan tidak hanya didapatkan didalam kelas, namun diluar bangku perkuliahan juga bisa kamuj dapatkan. Kamu juga bisa mendapatkan wawasan dari berbagai teman yang berasal dari seantero Indonesia atau seantero dunia. Semakin banyak kamu bergaul dengan orang yang berasal dari daerah lain maka pengetahuanmu juga bertambah banyak dan berkembang.

  1. Menjadi seorang pemikir bebas dan kritis

Cara belajar kamu sebagai mahasiswa dengan anak SMA tentu tidaklah sama. Bila anak SMA masih sangat bergantung pada proses belajar mengajar didalam kelas dan bersifat teacher center (berpusat pada pengajar), maka pembelajaran kamu dibangku perkuliahan sudah sepenuhnya menggunakan metode belajar andragogi atau cara belajar orang dewasa. Proses belajar mengajarnya pun sudah menggunakan pembelajaran konstruktivisme, yaitu kamulah sebagai mahasiswa yang aktif untuk menalar dan mengembangkan suatu ilmu.

  1. Membentuk karakter atau kepribadian

Ketika kamu menempuh pendidikan pada jenjang perkuliahan karakter atau kepribadianmu dapat terbentuk. Mengapa? Karena dengan kuliah kamu akan ditempa fisik, mental, serta moral. Sehingga setiap individu yang mau bergelut dengan ilmu, kelak ia akan menjadi manusia yang berkarakter atau berkepribadian.

  1. Pandai mengatur waktu

            Selama kuliah kamu harus mulai hidup mandiri. Salah satu kunci sukses hidup mandiri adalah adanya kemampuan dan keterampilan mengatur waktu. Tahu kapan waktu untuk kuliah, belajar, mengerjakan tugas, dan ke perpustakaan. Kamu juga harus tahu kapan waktu untuk bersosialisasi dengan dosen, teman, dan lain sebagainya. Bila kamu sudah terbiasa membuat jadwal kegiatan semasa kuliah dengan baik, maka hidupmu akan semakin terarah dengan baik pula.

  1. Pendidikan tinggi memberikan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang terbaik

            Dengan ilmu dan keterampilan praktis yang didapatkan selama kuliah, peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang baik yang tentunya sesuai dengan keahlianmu akan semakin terbuka. Bahkan saat ini kebanyakan perusahaan membuka peluang karir bagi lulusan D3 dan S1. Inilah salah satu keuntungan bagi kamu yang memilih untuk kuliah.

  1. Kemandirian finansial

            Kemandirian finansial dapat dicapai apabila kamu mendapatkan jabatan tinggi di suatu perusahaan karena kamu akan mendapatkan gaji yang tinggi pula. Untuk mendapatkan gaji dan posisi seperti itu tentunya kamu harus memiliki ijazah sebagai sarana pendukung yang memadai.

  1. Mendapatkan jodoh

            Seringkali mahasiswa mendapatkan jodohnya ketika di bangku perkuliahan. Hal ini dikarenakan “Tresno Jalaran Kulino” atau cinta karena biasa bersama. Bila kamu menempuh pendidikan S1 maka setidaknya kamu menghabiskan waktu sekitar 4 tahun bersama dengan teman-teman yang meiliki karakter yang berbeda. Dari sekian banyak teman pasti aka ada satu yang cocok dan nyambung (chemistry). Jika sudah begitu maka akan timbul benih-benih cinta. Bermula dari situlah biasanya hubungan yang serius akan terjalin hingga menuju ke jenjang pernikahan.

  1. Mendapatkan pengalaman kerja

            Nah, untuk poin ini khusus bagi kamu yang kuliah sambil bekerja. Dengan pengalaman kerja yang kamu miliki, tentunya kamu akan lebih siap ketika kamu benar-benar masuk ke dunia kerja pasca lulus kuliah. Sebab kamu sudah tidak asing lagi dengan “warna dan aroma” dunia kerja. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagimu.

Itu dia 10 keuntungan yang kamu dapatkan apabila menempuh pendidikan di bangku kuliah. So, semoga sukses dan mendapatkan prestasi sebanyak mungkin ketika kuliah.(Hzz)

 

(Oleh: Ahmad Iqbal Hazazie)

 

Sumber Buku: Pratama, Y. (2018). A-Z Seputar Perkuliahan. Yogyakarta: Semesta Hikmah Publishing.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *